Endrawati

Guru bahasa Inggris yang belajar menulis....

Selengkapnya
Bagaimana membangun rasa percaya diri

Bagaimana membangun rasa percaya diri

Oleh Endrawati_Guru SMPN 1 turen dan SMK PGRI Turen

Bagaimana bisa membangun rasa percaya diri.

Seperti yang sering kita temui sebelumnya sewaktu mengajar di dalam kelas banyak kita temukan anak - anak didik yang kurang percaya diri dan kita tahu sebenarnya mereka mempunyai potensi waouu berani tetapi kurang percaya diri.

Rasa percaya diri, yang merupakan kombinasi antara keyakinan pada kemampuan dan penghargaan kepada diri sendiri, adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan seorang manusia. Keyakinan pada kemampuan adalah perasaan atau percaya bahwa kita dapat melaksanakan berbagai tugas atau mencapai tujuan dalam hidup. Penghargaan kepada diri sendiri juga sama, tetapi lebih kepada percaya bahwa pada umumnya kita kompeten dalam hal apa pun yang kita lakukan dan kita layak berbahagia dalam hidup. Orang yang percaya diri biasanya menyukai dirinya sendiri, mau mengambil risiko untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional, dan selalu berpikir positif akan masa depan. Akan tetapi, orang yang yang tidak memiliki kepercayaan diri merasa kurang mampu mencapai tujuannya, dan cenderung memiliki pandangan negatif kepada dirinya sendiri dan jadilah rasa kurang percaya diri nah inilah yang harus kita lawan biar bisa mempunyai rasa percaya diri.

Sebenarnya kita harus tahu apa penyebab kita mempunyai rasa kurang percaya diri.

1. Kenali pikiran negatif Anda.

Pikiran negatif biasanya berwujud dalam kalimat "aku tidak bisa", "aku pasti gagal", "tidak ada yang mau mendengarkan apa yang ingin kukatakan". Suara-suara ini pesimis, tidak membantu, dan akan menghalangi Anda untuk memiliki harga diri yang tinggi dan rasa percaya diri yang besar.

2. Gantilah pikiran negatif dengan pikiran positif.

Jika Anda sadar bahwa Anda berpikir negatif, alihkan ke pikiran yang positif. Mungkin di sini Anda membutuhkan afirmasi positif, seperti "akan kucoba", "aku bisa berhasil jika mau berusaha", atau "orang-orang pasti mau mendengarkan aku". Setiap hari, mulailah memikirkan beberapa hal positif.

3. Jangan biarkan pikiran negatif muncul lebih sering daripada pikiran positif.

Nantinya, pikiran positif harus mengisi lebih banyak “ruang otak” Anda dibandingkan pikiran negatif. Semakin sering Anda melawan pikiran negatif dengan pikiran positif, Anda akan semakin terbiasa melakukannya.

Hindari pikiran negative dan selalu punya keyakinan I can do it, mereka bisa pasti saya bisa, siapa takut.

Harapan penulis smoga yang singgah membaca bisa selalu menpunyai pikiran positive dan bisa terhindar dari rasa kurang percaya diri.So go away pikiran negative.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah tulisannya semakin bergizi. Lanjutkan hehehe ....

17 May
Balas

Mulai belajar pak Yon gizinya sepertinya mengena ....perlu banyak gizi lagii ini hihihi...

17 May

Yang penting PD

17 May
Balas

Betul

17 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali